Ukuran Roster Beton yang Valid dan Bisa Dijadikan Patokan Sebelum Memasangnya

Umumnya standar ukuran roster beton untuk keperluan konstruksi rumah atau bangunan sudah pasti tidak asing lagi. Penggunaan material ini utamanya digunakan sebagai ventilasi rumah, tetapi ada juga yang menggunakannya sebagai dinding pagar, bahkan sudah banyak yang menggunakan roster beton sebagai fasad atau bagian depan bangunan.

Secara umum, pemilihan model atau tipe lubang anginnya sebenarnya bebas, namun untuk ukuran roster beton yang akan digunakan, sangat penting untuk diperhatikan, terutama dimana material bangunan ini akan dipasang.

Pada kesempatan kali ini kami RezekiAbadiBeton.id, membahas tentang standar ukuran roster beton yang bisa dipilih sesuai dengan tujuan dan lokasi pemasangannya. Dan semoga informasi ini bisa bermanfaat!

Sebelum membahas tentang ukuran roster beton, mari kita bahas bentuknya terlebih dahulu. Umumnya roster beton terbagi menjadi dua bentuk, yaitu persegi panjang dan persegi.

Roster Beton Bentuk Persegi dan Variasi Ukurannya

petunjuk ukuran roster beton persegi

Ukuran roster beton persegi yang paling umum adalah 20x10x20cm, atau panjang 20cm, lebar 10cm, tinggi 20cm.

Untuk roster persegi kebanyakan memiliki panjang dan tinggi 20cm, tetapi untuk lebar atau ketebalannya biasanya berbeda-beda, mulai dari 7cm, 8cm, 9cm dan 10cm.

Jadi variasi ukuran roster beton persegi biasanya memiliki standar ukuran 20x10x20cm, 20x9x20cm, 20x8x20cm dan 20x7x20cm.

Selain ketebalannya, ukuran panjang dan tinggi pada roster beton juga ada yang berbeda-beda, ada juga yang memiliki panjang x tinggi 25x25cm, 30x30cm, tetapi yang ukuran ini biasanya jarang ditemui. Kalau pun ada, biasanya pesanan khusus atau custom.

Roster Beton Bentuk Persegi Panjang dan Ukurannya

ukuran roster beton persegi panjang

Ukuran roster beton persegi panjang, yang paling umum dijumpai adalah 40x10x20cm atau panjang 40cm, lebar atau tebal 10cm dan tinggi 20cm.

Sama seperti halnya roster beton persegi, untuk yang persegi panjang juga memiliki variasi ketebalan yang berbeda-beda, mulai dari 7cm, 8cm, 9cm dan 10cm. Sehingga terdapat beberapa variasi ukuran seperti 40x10x20cm, 40x9x20cm, 40x8x20cm dan 40x7x20cm.

Untuk ukuran panjang x tinggi selain 40x20cm biasanya pesanan khusus atau custom tidak untuk stok.

Ukuran Roster Beton Perlu Diperhatikan Tetapi Motif dan Letak Pemasangannya Juga Wajib Diperhatikan

Untuk pemasangannya, tentu saja ukuran roster beton bukan menjadi perhatian utama. Justru motif roster beton yang menjadi pertimbangan utamanya.

Memang roster beton memiliki fungsi utama untuk pencahayaan dan sirkulasi udara rumah, akan tetapi dengan adanya perkembangan dalam dunia desain dan arsitektur bangunan, saat ini roster beton juga digunakan untuk menambah desain rumah menjadi lebih modern, lebih elegan dan lebih menarik.


Oleh karena itu, saat ini motif roster beton sudah sangat bervariasi, sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhannya. Untuk pemasangannya bisa memilih satu jenis motif roster atau beberapa motif yang dikombinasikan, sehingga bisa memberikan kesan yang artistik serta elegan pada bangunan.

Untuk model roster beton atau motif lubang-lubangnya bisa klik disini.

Roster Beton yang Tidak Sesuai dengan Standar Ukurannya

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa ukuran roster beton persegi dan persegi panjang memiliki ukuran standar panjang x tinggi = 20x20cm dengan variasi ketebalan yang berbeda. Sedangkan untuk ukuran roster beton persegi panjang memiliki ukuran standar panjang x tinggi = 40x20cm juga dengan variasi ketebalan yang berbeda.

Jika ada yang menginginkan roster beton tidak sesuai dengan ukuran standarnya terutama untuk panjang dan tingginya, bisa memesan secara khusus atau secara custom diluar standar ukuran roster beton.

Misalnya ada yang menginginkan roster beton persegi dengan ukuran 25x8x25 atau 30x10x10, mungkin beberapa penyedia roster beton ada yang memilikinya, namun bisa dibilang sangat jarang. Bisa saja ada yang ready stock tetapi motifnya tidak seperti yang diharapkan.

Nah, dalam hal ini, ada beberapa penyedia roster beton melayani pemesanan custom diluar ukuran standar roster beton. Namun yang perlu diperhatikan bahwa, untuk pemesanan roster beton secara custom, membutuhkan waktu yang relatif lama, karena produsen roster beton harus membuat cetakan ukuran dan motifnya terlebih dahulu sesuai dengan pesanan.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemesanan roster beton custom adalah bahwa harga roster beton dengan ukuran custom lebih mahal daripada roster beton yang sudah ada stoknya.

Oleh karena itu, ketika menginginkan roster beton dengan ukuran dan motif custom, segi waktu dan biaya harus menjadi perhatian utama.

Kami RezekiAbadiBeton.id melayani pemesanan roster beton secara custom, silahkan langsung hubungi admin kami untuk pemesanan roster beton dengan ukuran custom.

Akan tetapi saran kami, sebelum memesan secara custom, ada baiknya lihat-lihat ke gudang kami untuk mengetahui stok roster beton yang kami miliki.

Karena bisa jadi motif yang diinginkan sudah ada, hanya saja masalah ukuran roster beton yang belum sesuai. Dalam hal ukuran tentu saja masih bisa diakali atau dicarikan solusi lain, sehingga menggunakan bisa menggunakan roster beton yang ada stoknya karena bisa menghemat waktu dan biaya.

Demikian pembahasan mengenai ukuran roster beton ini, semoga informasi yang kami berikan bisa memberikan manfaat dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *