7 Jenis Dinding Roster Berdasarkan Bahan Pembuatannya beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Terdapat beberapa jenis dinding roster yang bisa ditemui dipasaran. Umumnya dinding roster dibedakan berdasarkan material atau bahan pembuatannya. Semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan, tapi semuanya juga bisa menjadikan rumah lebih indah, elegan, dan tentunya nyaman.

jenis dinding roster

Memiliki rumah yang indah dan asri pasti menjadi dambaan setiap orang. Mendesain dan mendekorasi rumah agar indah dan nyaman, sebenarnya tidaklah sulit. Salah satu cara untuk mempercantik rumah adalah dengan mengaplikasikan dinding roster pada bagian luar rumah (eksterior) atau dalam rumah (interior).

Sebenarnya dinding roster yang juga dikenal dengan loster, memiliki fungsi utama sebagai lubang ventilasi angin, tetapi seiring dengan perkembangan dunia arsitektur bangunan, sekarang roster juga berperan penting dalam desain rumah baik interior maupun eksterior. Nah, jika ingin menggunakannya untuk rumah Anda, Silahkan baca dulu artikel tentang jenis dinding roster ini sampai habis, agar semakin yakin kalau mau memilih dan menggunakan dinding roster jenis apa untuk rumah Anda!

7 Jenis dinding Roster

Tahukah Anda, bahwa ada banyak variasi jenis dinding roster?

Semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa tipe-tipe yang bisa dipilih untuk rumah Anda.

1. Dinding Roster GRC

GRC (Glassfibred Reinforced Concrete) atau di beberapa negara disebut GFRC (Glass Fiber Reinforced Concrete) adalah jenis beton komposit atau termasuk beton berserat dimana bahan utama beton berupa semen berbahan dasar air dicampur dengan serat kaca (fiberglass).

roster grc salah satu jenis roster

GRC merupakan salah satu jenis dinding roster modern yang dapat dicetak dalam berbagai gaya dan motif. Saat ini bisa ditemukan berbagai motif GRC yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan desain interior atau eksterior rumah. Proses pembuatan dinding roster GRC dikerjakan dengan mesin sehingga menghasilkan roster GRC yang berkualitas, rapi dan bersih.

Dinding roster GRC memiliki keunggulan tahan lama, kuat dan ringan. Tidak hanya itu, roster GRC juga memiliki warna putih bersih dan cerah yang sangat ideal untuk aplikasi rumah minimalis dan modern.

2. Dinding Roster tanah liat

Ingin membuat eksterior atau interior rumah Anda lebih artistik? Anda bisa mencoba menggunakan roster tanah liat. Awalnya, jenis dinding roster ini digunakan sebagai pagar di rumah model lama.

roster tanah liat bisa dijadikan salah satu jenis dinding roster

Salah satu kelebihan dari jenis roster dinging tanah liat ini adalah memiliki warna coklat yang unik dan dapat memberikan tampilan yang menarik pada rumah. Perlu dicatat bahwa penggunaan roster dinding roster tanah liat kurang cocok untuk eksterior, karena warna coklat tanah liat bisa cepat pudar jika hujan dan terkena sinar matahari secara terus menerus.

3. Dinding roster keramik

roster keramik untuk dinding roster keramik rumah dan bangunan

Jenis dinding roster keramik memiliki karakteristik glossy atau mengkilap yang akan menciptakan dan memancarkan aura mewah di dalam rumah. Tipe ini lebih cocok digunakan sebagai dinding partisi di dalam rumah. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah roster keramik sangat rawan terkelupas dan tergores. Pastikan proses pemasangan dilakukan dengan hati-hati, untuk mencegah dan mengurangi resiko kerusakan.

4. Dinding Roster Batako

Jika Anda memiliki dana terbatas, jenis roster dinding batako bisa menjadi pilihan utama untuk membuat tampilan rumah lebih menarik. Fitur detail roster batako antara lain warna abu-abu yang mewah sangat cocok diaplikasikan pada eksterior dan interior rumah modern.

jenis dinding roster batako

Biasanya roster batako digunakan untuk eksterior bangunan, tetapi dengan desan dan penataan yang tepat, dinding roster batako bisa memiliki tampilan yang wah dan pastinya mempercantik ruangan. Rumah atau bangungan dengan gaya industrial sangat cocok mengaplikasikan jenis dinding roster batako ini.

Tapi juga jangan salah sangka ya, walaupun harganya murah, roster batako ini kuat dan memiliki ketahanan yang sangat baik!

5. Dinding roster beton

Jenis dinding roster beton ini memiliki daya tahan dan kekuatan paling baik dibandingkan dengan jenis roster lainnya. Tidak hanya itu, roster beton memiliki variasi motif yang sangat banyak, dengan tampilan yang unik, dan estetik.

jenis dinding roster beton

Roster beton secara sekilas sangat mirip dengan roster batako, perbedaannya tentu saja pada bahan, kekuatan serta jika diperhatikan secara detail, minimal salah satu permukaan roster beton memiliki permukaan yang halus seperti disemen, sedangkan untuk roster batako, semua permukaannya kasar.

Dinding roster beton selain bisa diaplikasikan pada indoor seperti untuk partisi ruangan, juga bisa diaplikasikan pada outdoor seperti untuk fasad, pagar, dinding transisi indoor ke outdoor.

Keunggulan lain dari roster beton yaitu mudah dibersihkan dan bisa dicat ulang. Jadi jika setelah dipakai beberapa waktu ternyata warnanya pudar atau jika digunakan di luar terkena lumut, maka lebih mudah dibersihkan. Jika terkena lumut maka bisa disikat, dan jika warnanya pudar bisa dicat ulang, sehingga tetap kelihatan seperti baru.

Tetapi yang perlu diperhatikan, walaupun memiliki kekuatan yang paling baik diantara roster lain, penggunaan roster beton tidak boleh digunakan sebagai penyangga utama rumah atau bangunan.

6. Dinding roster kayu

Jenis dinding roster kayu bisa sangat cocok jika Anda menginginkan kesan tradisional dan alami pada rumah Anda. Namun dengan kemampuan desain interior serta eksetior yang mumpuni, roster kayu bisa dikombinasikan dengan bahan bangunan lain sehingga memberikan kesan elegan pada rumah.

jenis dinding roster kayu

Penggunaan roster kayu bisa aplikasikan pada bagian depan rumah atau untuk partisi ruangan. Yang sangat perlu diperhatikan adalah bahwa kayu sangat rentan dan beresiko terhadap pelapukan dan kerusakan, terutama jika memiliki kelembaban tinggi. Oleh karena itu ada baiknya sebelum roster dipasang perlu dilapisi terlebih dahulu dengan beberapa bahan, misalnya cat anti rayap atau pernis agar pori-pori tertutup sehingga mengurangi resiko pelapukan.

7. Dinding Roster Alumunium

jenis roster dinding alumunium

Dinding roster aluminium, pastilah bahan utamanya adalah alumunium. Ada yang terbuat dari baja ringan. Roster alumunium ini memiliki desain yang dibuat dengan tepat menggunakan laser. Penampilan roster aluminium juga sangat bagus dan membuatnya cocok untuk digunakan sebagai fasad atau partisi ruangan. Kekurangan dari roster aluminium adalah pada harganya. Umumnya roster alumunium memiliki harga yang relatif mahal, sehingga perlu disiapkan budget yang besar untuk membelinya.

Kelebihan dan Kekurangan Dinding Roster

Untuk kelebihan dan kekurangan dinding roster secara khusus sudah kami sampaikan pada uraian di atas. Akan tetapi secara umum untuk kelebihan dan kekurangan penggunaan roster untuk rumah dan bangunan sebagai berikut.

Kelebihan dan kekurangan dinding roster yang sebaiknya Anda tahu!

Kelebihan Kekurangan
Bisa menjadi ventilasi yang baik untuk rumah, karena bentuknya yang penuh lubang, sehingga sirkulasi udara bisa mengalir dengan lancar dan bisa membuat suasana di dalam rumah menjadi sejuk dan nyaman. Saat hujan atau malam hari, suhu udara di dalam rumah akan terasa lebih dingin. Sehingga penghuni rumah bisa menjadi kurang nyaman karena kedinginan.
Celah atau lubang-lubang pada roster tersebut memudahkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Hal ini tentu saja membuat ruangan menjadi lebih terang dengan sinar matahari alami, tanpa perlu menggunakan lampu tambahan. Lubang atau celah yang besar pada roster, terkadang memudahkan serangga seperti nyamuk dan lalat untuk masuk ke dalam ruangan. Tetapi untuk ini biasa diatasi, yaitu dengan memasang kawat serangga atau kelambu di dinding bagian dalam.
Banyak motif lubang angin sehingga bisa dipilih motif-motif yang sesuai dengan kebutuhan. Karena banyak motif, maka bisa dikombinasikan dengan moti lain dan tentu saja, bahan ini memiliki tampilan yang cantik, sehingga dapat memberikan keindahan yang menawan pada sebuah rumah atau bangunan. Tidak semua dinding roster terbuat dari bahan yang keras dan padat. Oleh karena itu, dinding jenis ini lebih cocok digunakan sebagai dinding dekoratif dan tidak dapat digunakan sebagai dinding utama.
Jika dilihat dari segi harga, maka bisa dibilang roster memiliki harga yang relatif terjangkau. Jadi roster bisa untuk mempercantik rumah dengan budget yang tidak terlalu besar. Roster tidak memiliki sistem penguncian, maka proses pemasangan roster tidak bisa dikerjakan semua orang. Untuk pemasangannya membutuhkan tenaga profesional.

Demikian informasi dan ulasan tentang 7 jenis dinding roster beserta kelebihan dan kekurangannya. Dari kesemua jenis roster, bisa disimpulkan bahwa, untuk motif bisa terjadi persamaan antara jenis roster yang satu dengan yang lain, tetapi untuk bahan jelas sangat-sangat berbeda. Oleh karena itu, silahkan tentukan dahulu mau pakai roster jenis yang mana, tentu saja disesuaikan dengan letak pemasangan, desain rumah dan juga budget. Jika membutuhkan roster untuk rumah Anda silahkan klik disini. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *